Advertisements

Cara Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama

Advertisements

Softwareku4u on Cara Merawat Printer Agar Awet dan tahan Lama – Printer merupakan sebuah kebutuhan yang harus ada pada sebuah komputer perkantoran, toko, dll. Printer adalah alat yang bisa Sobat gunakan untuk mencetak dokumen. Baik it berupa tulisan, gambar, maupun lainnya dari komputer ke media kertas atau media lain sejenis. Printer sendiri, tersedia dalam beragam merk yandi jual di pasaran seperti Hewlett Packard (HP), Canon, Epson, Brother, Fujitsu, Samsung, dan lain-lain. Akan tetpi, apapun merk printernya, jika tidak dirawat dengan baik, maka tidak akan bisa awet. Begitu juga sebaliknya. Meskipun bukan merk terkenal, jika dirawat dengan baik, printer akan bisa awet. Oleh karena itu, sobat harus pandai-pandai dalam merawat printer agar awet dan tahan lama.

Beberapa tips merawat printer agar awet dan tahan lama :

  1. Pakai printer sesering mungkin, usahakan jangan sampai tak terpakai lebih dari satu minggu. Walapun sobat hanya mencetak satu dua lembar, usahakanlah supaya dalam satu minggu printer inkjet sobat pakai dan tidak menganggur. Jika printer inkjet terlalu lama tidak dipakai, akan dapat menyebabkan tinta di head cartridge menjadi kering dan tersumbat tinta. Hal ini tentu akan menyulitkan Anda dalam mencetak dokumen.
  2. Manfaatkanlah Fitur Clean Head di Software Bawaan Printer. Software bawaan printer inkjet biasanya mempunyai fitur clean head. Lakukanlah clean head secara bertahap agar keluaran tinta dari head cartridge sobat tetap terjaga dengan lancar. Setelah memasang printer jangan lupa driver printer nya diinstall ya sob.
  3. Jaga kebersihan printer. Salah satu faktor yang akan menentukan awet atau tidaknya sebuah printer adalah kebersihannya, jika terdapat banyak kotoran dalam printe, maka akan semakin rentan gampang rusak.
  4. Matikan Printer dengan tombol power. Seringkali orang mematikan printer dengan cara mencabut langsung kabel power listrik printer dari stop kontak, hal ini merupakan kebiasaan buruk. Dengan mematikan printer dengan tombol power berfungsi dalam mengembalikan posisi cartridge ke tempat semestinya, jadi, head printer tidak akan gampang kering.
  5. Pastikanlah kertas cetak sesuai dan tak kusut. Hindarilah menggunakan tinta yang terlipat atau kusut. Selain intu, kertas yang terlalu tebal juga sangatlah tak disarankan untuk dipakai.
  6. Janganlah menyentuh chip cartridge dengan tangan. Listrik statis bisa berpindah dari tangan sobat secara langsung ke chip cartridge yang kemudian akan mengganggu komponen itu.
  7. Jagalah kualitas tinta refill. Gunakan tinta refill yang telah banyak direkomendasikan supaya cartridge bisa awet. Tinta refill yang dengan kualitas buruk terkadang terlalu encer serta kualitas cetakannya tidak bagus.
  8. Segeralah isi ulang tinta, jangan biarakan sampai kehabisan. Jika tinta di dalam cartridge printer kosong, maka akan menyebabkan head printer kering dan lubang kapilernya akan tersumbat, oleh karena itu, janganlah menunggu hingga tinta benar-benar habis, Segeralah mengisi tinta kembali ketika tinta sudah pada indikasi tinta low ink.
  9. Perhatikanlah keadaan wastepad printer. Ganti  wastepad atau gunakan pembuangan luar supaya tinta tak akan meluber ke dalam printer.
  10. Janganlah sembarangan dalam membongkar casing printer. Jika sobat tak punya keahlian, janganlah pernah coba untuk membongkar printer sendiri. Salah-salah printer sobat malah rusak.

Oke sob, sekarang saya anggap sobat sudah mengerti cara merawat printer agar awet dan tahan lama. Semoga setelah membaca artikel ini printer sobat jadi tidak cepat rusak alias lebih awet dan tahan lama.

Incoming search terms:

  • agar printer deskjet awet
  • cara instal printer hp
  • cara merawat printer agar awet dan tahan lama
  • kenapa tidak boleh menyentuh chip cartridge
  • perawatan printer windows xp
  • tips trik printer hp
  • tutorial instalasi printer hp deskjet 3900 untuk windows 7 64 bit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Privacy Policy Terms Of Use Anti Spam Policy Contact Us DMCA